oleh

Pemerintah Pusat Harus Dukung Gagasan Sister City di Pegunungan Papua

JAKARTA, INIFAKTA.COM – Pemerintah Pusat sudah saatnya menaruh perhatian di wilayah pegunungan Papua dengan adanya visi besar beberapa wilayah di Pegunungan Papua yang menginginkan adanya sister city atau kota saudara. Salah satu penggagas visi ini adalah Bupati Spei Yan Bidana dari Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sekedar untuk diketahui, bahwa visi besar ini telah di dukung setelah adanya kesepakatan Pembentukan Asosiasi Bupati Walikota Perbatasan Papua- Papua New Guinea. Beberapa kepala daerah di pegunungan Papua intens membangun konsolidasi wilayah pegunungan Papua untuk Bersatu dalam mempercepat akselerasi pembangunan.

Kerjasama sister city tersebut untuk kawasan perbatasan Kota Jayapura, Kabupaten Kerrom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Merauke.

Kegiatan Pendidikan di Pegunungan Papua. (foto.detik.travel)

Bupati Spei Yan Bidana yang dikonfirmasi inifakta.com melalui pesan WhatsApnya kamis (02/11) mengatakan, membangun sister city antar kabupaten dan kota perbatasan tersebut dalam mempercepat akses wilayah, misalkan pembangunan jalan, konektivitas jaringan energi,  membangun sosial culture, membangun pendidikan dasar, menengah, tinggi yang terintegrasi.

“Selain itu juga agar menyediakan layanan dasar kesehatan,  membangun jejaring ekonomi, memberdayakan UMKM bagi masyarakat adat, konservasi sumberdaya alam, melestarikan hutan, mewujudkan suistainable development goals”, ungkap Spei Yan Bidana.

Dalam komunikasi Bersama media ini, Spei juga berharap ada perhatian serius pemerintah pusat khususnya untuk rencana sister city atau kota saudara di wilayah perbatasan tersebut, sebab masyarakat sangat mendukung niat pemerintah untuk mempercepat pembangunan disana.

Sekedar diketahui, salah satu yang sedang dikerjakan adalah akses jalan dari Merauke sampai ke Oksibil. Pembukaan akses jalan inipun mendapat apresiasi dan dukungan kepala-kepala daerah se wilayah pegunungan dan masyarakat.

“Dengan demikian, visi sister city ini menjadi sangat penting dan strategis dalam mempercepat pembangunan”, ungkap Spei Bidana.

Penulis: Fren Lutrun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.