oleh

Ajukan Tuntutan Restitusi, LPSK Apresiasi Kejari Depok

Jakarta – Keluarga korban kekerasan seksual akhirnya menerima uang restitusi yang di serahkan langsung oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan disaksikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok Sri Kuncoro serta Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Depok Arief Syafrianto.

Dalam kesempatan itu, wakil Ketua LPSK Antonius PS Wibowo memberikan apresiasi atas langkah Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok dalam mengajukan tuntutan restitusi atau ganti kerugian kepada pelaku kasus kekerasan seksual.

“Pembayaran uang restitusi ini untuk wilayah Jawa Barat baru Kejari Depok yang mengajukan dalam tuntutannya dan berhasil dieksekusi atas putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap,” jelas Antonius, dikutip dari AkuratNews, Senin, (29/11).

Menurut Antonius penyerahan uang restitusi ini dilakukan setelah surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), terkait pembayaran uang restitusi, dikabulkan oleh hakim.

Karenanya, penyerahan uang restitusi kepada keluarga korban dilakukan dengan dasar putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap atas kerugian yang mereka alami.

“Total restitusi senilai Rp. 18.044.639, sebagai pelaksanaan eksekusi atas putusan Mahkamah Agung RI yang telah berkekuatan hukum tetap”, imbuhnya

Lebih lanjut Antonius mengatakan bahwa pemenuhan hak restitusi ini adalah perjuangan panjang dari korban, kuasa hukumnya, Jaksa Penuntut Umum Kejari Depok, dan LPSK.

Sehingga Ia berharap peristiwa ini dapat menjadi penyemangat dalam perjuangan di masa mendatang.

“Mudah-mudahan (keberhasilan) ini menjadi penyemangat penanganan kasus pada masa mendatang,” pungkas Antonius, seperti dikutip antaranews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.