oleh

Miris! Tiap Tahun, Pelecehan Seksual Terhadap Anak Kian Meningkat

Jakarta – Seakan tak ada habisnya menyaksikan kasus kekerasan yang dialami anak di republik ini. Pasalnya, hampir tiada hari tanpa kasus kekerasan terhadap anak.

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karanganyar, misalnya, melaporkan sebanyak 19 anak di wilayah tersebut selalu jadi korban kekerasan seksual.

Sepanjang tahun ini, sejak Januari hingga November, tercatat setidaknya sekian kasus kekerasan terjadi pada anak dan paling banyak adalah kasus pelecehan seksual.

“Berdasarkan data yang kami miliki, selama Januari sampai November, kekerasan terjadi tidak hanya pada anak-anak, melainkan sembilan kasus kekerasan lainnya terjadi dalam rumah tangga yang menimpa kaum perempuan,” kata Ketua Divisi Pelaporan dan Pendampingan P2TP2A Karanganyar Anastasia Sri Sudaryatni belum lama ini, seperti dilansir dari Jawa Pos, Sabtu (27/11).

Mirisnya, kata Anastasia, data yang telah diterima oleh pihaknya itu ternyata mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini menandakan bahwa kekerasan yang dialami baik anak maupun perempuan hampir terjadi di sekitar kita setiap saat.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada kenaikan, walaupun memang tidak begitu signifikan. Namun, hal tersebut diduga menjadi pemicu utama bagi perilaku pelaku yang nekat melakukan kekerasan baik terhadap perempuan dan anak,” paparnya.

Mengurai permasalahan tersebut, pihaknya pun berusaha menjalin komunikasi dan bersinergi dengan Forkompimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) setempat dan sejumlah komunitas membagikan famplet kepada masyarakat khususnya para pedagang.

“Dengan aksi itu, kita berharap masyarakat dapat melapor apabila ada kejadian seputar kekerasan yang dialami baik anak maupun perempuan yang mereka ketahui. Karena hal tersebut telah dilindungi dalam Undang-undang tentang Perlindungan Anak dan Perempuan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.